To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Cara Kerja Scanner
Custom Search

Cara Kerja Scanner


Cara kerja scanner sebenarnya sangat sederhana sekali, namun bagi mereka yang masih sangat awam dengan perangkat scanner mungkin masih merasa heran dan bingung. Karena memang hanya dengan memindai sebuah benda ataupun gambar, scanner mampu menduplikasi benda atau gambar tersebut dengan sangat cepat.


Cara Kerja Scanner


Setelah dijelaskan di halaman terpisah mengenai pengertian scanner, kali ini kita bahas mengenai bagaimana cara kerja scanner. Secara sederhana cara kerja scanner dapat dijelaskan seperti di bawah ini :

  • Sebuah perangkat scanner biasanya akan terhubung dengan perangkat lainnya seperti misalnya sebuah komputer. Komputer inilah yang mengendalikan sebagian besar kerja dari alat scanner. Di sini komputer akan mengatur kecepatan scanner, kualitas gambar, dan lain sebagainya. 
  • Untuk memindai sebuah benda atau gambar akan diletakkan pada sebuah perangkat scanner. Biasanya alat scanner mempunyai semacam tutup pada bagian atas. Dan gambar atau benda yang akan dipindai akan diletakkan di bagian atas badan scanner atau di bagian dalamnya. 
  • Kemudian tutup bagian atas akan ditutup dengan rapat. 
  • Setelah menekan beberapa tombol pengoperasian maka cara kerja scanner dimulai dengan keluarnya sebuah sinar cahaya yang akan menyinari permukaan benda ataupun gambar yang dipindai, yang menandakan proses pemindaian telah dimulai. Penyinaran dilakukan oleh sebuah motor pemindai yang bergerak di bawah benda atau gambar yang sedang dipindai. 
  • Penyinaran ini dilakukan secara menyeluruh terhadap semua permukaan benda atau gambar tersebut. Proses penyinaran ini akan menyaring warna yang ada pada benda atau gambar. Pada proses penyinaran ini masing-masing warna akan memantulkan cahaya dengan intensitas dan kekuatan yang berbeda-beda. --Cara Kerja Scanner--

Gambar Cara Kerja Scanner
Gambar Cara Kerja Scanner


  • Pantulan cahaya dari masing-masing warna yang ada pada sebuah obyek akan disimpan dalam sebuah memori dan kemudian akan diolah oleh sebuah sistem yang bekerja di dalam alat scanner. 
  • Pantulan dari berkas-berkas cahaya akan difokuskan oleh sebuah lensa yang kemudian akan diteruskan pada sebuah dioda peka cahaya. 
  • Di sini cahaya akan diubah menjadi arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan akan berbeda-beda tergantung jenis warna yang ada. 
  • Tegangan listrik yang berbeda-beda tadi akan diubah dari analog menjadi data digital. 
  • Berhentinya motor pemindai dan padamnya cahaya lampu di dalam scanner menandakan proses pemindaian obyek telah selesai. 
  • Informasi data digital yang keluar dari scanner akan dikirimkan kepada perangkat komputer. 
  • Dan akhirnya cara kerja scanner selesai dan dilanjutkan dengan perangkat komputer yang akan mengolah seluruh data digital tersebut menjadi sebuah gambar grafik yang bisa kita nikmati. 

Begitulah cara kerja scanner yang cukup sederhana sekaligus sedikit rumit. Artikel lainnya mengenai cara menggunakan scanner bisa dilihat dibaca secara terpisah

**Pengertian Scanner

Incoming search terms :

cara menggunakan scanner, cara kerja barcode scanner, cara penggunaan scanner, cara scanner, pengertian mesin fotocopy, cara kerja mesin scanner, engine scanner, mesin fotokopi, fungsi mesin fotocopy, cara kerja scanner

1 comment:

Lowongan Kerja Terbaru said...

Begitu ya Cara Kerjanya terimakasih dah share